Apa itu point to point over ethernet ?

Assalamualaikum Wr. Wb.

kali ini saya akan memposting tentang PPPOE

A. Pengertian

Point To Point Protocol (PPP) adalah Protocol enkapsulasi paket jaringan yang biasa digunakan di jaringan WAN, enkapsulasi adalah suatu proses yang membuat data satu jenis jaringan yang berbeda ke jenis jaringan lainya. Enkapsulasi terjadi dilapisan rendah yang hendak menerima data dari lapisan yang lebih tingi.

B. Latar Belakang

Dalam memperoleh jaringan internet terdapat beberapa cara, PPPOE adalah salah satu caranya.

C. Maksud Dan Tujuan

Agar komputer client mendapat koneksi internet dari metode PPPOE

D. Pembahasan

PPPOE

Point To Point Protocol Over Ethernet (PPPOE) adalah Protocol jaringan yang mengenkapsulasi frame PPP ke dalam Frame ethernet. karena kita menghubungkannya atau media perantaranya adalah ethernet. Protocol PPPOE terdapat manajemen pengguna , manajemen jaringan , dan manfaat akutansi isp yang luas dan administrasi jaringan. Perbedaan antara PPPOE dengan PPP adalah dalam metode transportasinya jika PPPOE menggunakan ethernet sedangkan PPP menggunakan modem serial.

Point To Point Protocol Over Ethernet (PPPOE) berfungsi untuk membagikan alamat ip kepada klien berdasarkan otentifikasi menggunakan nama pengguna sebagai pengganti otentifikasi workstation dengan ip statis maupun DHCP.

Manfaat adanya PPPOE untuk pencegahan dari serangan komputer lain yang berada dalam satu router. contoh kasus dalam satu jaringan yang tidak menngunakan PPPOE.
dalam kasus tersebut tidak menggunakan PPPOE sehingga Pc Attacker dapat mendeteksi Mac Address dan Ip Pc korban yang tercatat dalam tabel arp. cara kerja dari pc attacker yaitu membroadcast ip dan mendapatkan ip dan mac address pc korban lalu pc attacker menyerang layer 2 pada router dengan memutuskan koneksi dari router dengan pc korban. Tetapi beda cerita jika menggunakan PPPOE.
Jika Pc korban menggunakan PPPOE, maka Pc attacker tidak bisa melaat Mac address maupun ip pc korban karena PPPOE dalam otentikasinya menggunakan nama pengguna. sehingga pc attacker tidak dapat mengotentikasi. jadi serangan dari pc attacker tidak dalam diluncurkan sehingga pc korban aman. PPPOE ini juga bisa digunakan sebagai penangkal netcut.

E. Kesimpulan

Jadi PPPOE digunakan sebagai perantara agar client terkoneksi internet sekaigus melindungi komputer dari serangan komputer lain yang terdapat dalam satu router.

Sekian pengetahuan yang bisa saya bagi. jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya di komentar

Wassalamualaikum Wr. Wb.




Next Post Previous Post
2 Comments
  • Bagus
    Bagus 24 Januari 2018 pukul 09.05

    Apa bisa gan di terapkan DI WARNET? soalnya saya punya warnet banyak WKWKWK

    • Nanda Elang
      Nanda Elang 24 Januari 2018 pukul 09.10

      Bisa saja mas. tapi kebanyakan PPPOE diterapkan dalam jaringan yang menghubungkan antar Kota

Add Comment
comment url