Apa itu VPN dan fungsinya ?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan berbagi pengetahuan saya tentang VPN

A. Pengertian

VPN adalah suatu protocol yang hampir sama dengan private network yang dimana setiap komputer satu dengan komputer lainya dapat terhubung dengan menggunakan ip private, Tetapi VPN menggunakan IP public.

B. Latar Belakang

VPN yang dignakan sebagai media penghubung antar jaringan yang menggunakan otentifikasi

C. Maksud dan Tujuan

VPN Bertujuan untuk menghubungkan jaringan secara virtual menggunakan IP Publik

D. Pembahasan

VPN biasa digunakan untuk menghubungkan antar Server dengan Client. untuk pengimplementasiannya biasa digunakan untuk menghubungkan kantor pusat dengan kantor cabangnya. Vpn ini digunakan karena vpn menggunkan ip publik static atau membuat jaringan virtual yang seakan akan kita membuat jalur sendiri padahal intinya melewati jalur internet.

VPN menggunkan metode Tunneling yang artinya lorong. jadi jika kita ingin menggunakan jalur vpn atau melewati lorong vpn kita perlu mengotentifikasi user yang telah dibuat terlebih dahulu. sehingga tidak semua orang bisa melewati jalur vpn. jadi VPN ini tergolong sebagai jalur yang aman karena untuk memasuki jalurnya membutuhkan autentifikasi. Selain itu VPN juga bisa digunakan untuk Remote server dari jarak jauh.

Teknologi Tunneling terjadi pada layer 2 (Data Link) dan Layer 3 (Network) dalam lapisan OSI. Tunneling adalah teknologi yang menghubungkan antar node dengan menggunakan point to point melewati jaringan umum, namun koneksi tidak memperdulikan data ain sehingga bisa diibaratkan koneksi yang terdapat dalam lorong.

Diatas ini merupakan gambaran penggunaan Tunnel. yang melewati jaringan internet tanpa menghiraukan data data di internet. Dan koneksi tersebut melewati tunnel atau lorong yang telah dibuat dan dapat dimasukin dengan otentifikasi user. SSH disini digunakan untuk mengamankan login karena data tersebut di enkripsi.

Dalam Tunneling layer 2 terdapat L2F, PPTP , L2TP. Kali ini saya akan membahas PPTP. PPTP(Point To Point Tunneling Protocol) merupakan protocol jaringan yang meremote server dari client (client yang berada jauh dari server   dengan cara membuat Virtual Private Network (VPN). Jadi dengan adanya PPTP client dapat meremote server dari jarak jauh menggunakan tunnel atau lorong yang sudah saa jelaskan di atas. PPTP banyak digunakan di perusahaan karena biayanya juga tergolong murah. dan protocol PPTP merupakan standar dari enkapsulasi VPN.

E. Kesimpulan

Jadi VPN digunakan untuk menghubungkan komputer server dengan client jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet tetapi VPN menggunakan teknik tunneling yang membuat lorong sendiri untuk dilewati koneksi dengan menggunakan otentifikasi sehingga tidak sembarang orang bisa masuk dalam tunnel yang telah di buat tadi

Sekian saja pengetahuan saya tentang VPN yang bisa saya share jika ada yang kurang atau ada yang ingin bertanya silahkan tulis di komentar.

Wassalamuaaikum Wr. Wb.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url